Perencanaan (planning) adalah pemilihan atau
penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek,
program, prosedur, metode, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk
mencapai tujuan.
Manajemen dan Manajer
Manajemen adalah seni menyelesaikan
pekerjaan melalui orang. Sedankan Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui
orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai
tujuan/ sasaran organisasi.
Kegiatan-kegiatan
manajer
- Membuat rencana
- Mengorganisasikan
- Mengarahkan
- Mengawasi
Pengorganisasian adalah
merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan
sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan
tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya.
- Pembagian Kerja
- Manajer dan bawahan atau rantai pemerintah
- Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
- Pengelompokkan segmen-segmen pekerjaan
- Tingkatan manjemen
Penetapan Tujuan Organisasi
Merupakan usaha untuk menciptakan
nilai-nilai tertentu melalui berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan
organisasi.
Pengorganisasian
Adalah suatu proses untuk merancang
struktur formal, mengelompokan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau
pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat
dicapai keefisienan.
Tugas-Tugas Teknisi
Budidaya Ikan Air Tawar :
- Pengeloaan Tanah
- Pemberian Pakan
- Pengendalian Hama dan Penyakit
- Pemilihan Induk
- Pemijahan
- Penangan Larva
- Pemanenan
- Pemasaran
Pembuatan Keputusan
Adalah penentuan serangkaian
kegiatan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Pembuatan
Keputusan dalam hal sistem kerja, karena disini adalah salah satu Budidaya Ikan
Air Tawar, maka para teknisi hanya bekerja pada jam 08.00 sampai dengan jam
16.30
Yaitu
jam kerja pada jam 08.00 s.d jam 12.00 kemudian waktu istirahat pada jam 12.00
s.d jam 13.00 , setelah jam 13.00 dilanjutkan kerja dan selesai pada jam 16.30.
Untuk
jaga malam ada salah satu teknisi yang tinggal didalam rumah dinas, jadi sudah
ada.
Struktur Organisasi
Adalah salah
satu fungsi manajemen yang berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi
sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya, sampai dengan usaha agar
setiap tenaga berdaya guna maksimal kepada organisasi.
Penyusunan Personalia Organisasi
Adalah
fungsi manajemen yang berkembang dengan penarikan, penempatan, pemberian
latihan dan pengembangan anggota-anggota organisasi.
Larangan Teknisi BBIAT ELKAEM
- Tidak Bertato.
- Tidak Berpenampilan seperti preman.
MOTIVASI
Adalah
suatu alsan atau dorongan yang bisa berupa kata-kata, motivation training, keyakinan dari dalam diri sendiri, penganturan mindset, dan keadaan yang
mendesak untuk dapat melakukan atau menghasilkan sesuatu, dan untuk memperoleh
semangat untuk tetap terus bekerja.
Tata Tertib
BBIAT ELKAEM :
- Harus datang tepat waktu atau sesuai jam kerja.
- Mengikuti apel pagi tepat waktu.
- Berpakaian rapi dan sopan saat mengikuti apel pagi dan ketika ada acara pada BBIAT ELKAEM.
- Harus bersikap ramah dan sopan terhadap semua orang, terutama pada irang yang berkunjung ke BBIAT ELKAEM.
- LEADING (Pengarahan)
Adalah bagaimana
membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan dan harus
mereka lakukan.
Wewenang Delegasi
Wewenang adalah Hak untuk
melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak
melakukan sesuat agar tercapai tujuan tertentu.
Kepempimpinan
Kepempimpinan adalah
Kegiatan mempengaruhi perilaku orang orang lain agar mau bekerja sama untuk
mencapai tujuan tertentu.
Pengarahan
Pengarahan adalah suatu
proses pembimbingan, pemberian petunjuk, dan intruksi kepada bawahan agar
mereka bekerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
- CONTROLLING (Pengawasan)
Adalah salah satu
fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan
koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar
dengan maksud tercapai tujuan yang sudah digariskan semula.
Komunikasi dalam
organisasi
- Berkominukasi baik terhadap atasan dan para teknisi lainnya
- Beranggapan positif
- Berkomunikasi dengan ramah dan sopan
Konflik dalam organisasi
Adalah suatu proses antara dua orang
atau lebih dengan maksud saling menyingkirkan dan menjatuhkan satu sama lain. Dalam
sebuah organisasi khususnya organisasi besar, dalam hal pembagian kerja, sering
menimbulkan konflik, antara unit kerja yang ada atau konflik antar organisasi.
Peranan Konflik dalam
BBIAT ELKAEM
- Konflik mempunyai potensi untuk pengembangan
- Konflik menjadi penggabgggu pelaksanaan kegiatan organisasi
Jenis Konflik
- Konflik di dalam individu
- Konflik antar individu dalam organisasi yang sama
- Konflik antar individu dan kelompok
- Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama
Pengawasan
Adalah proses untuk menjamin segala
kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan perencanaan yang di tetapkan.
Kesehatan
- Tidak boleh mempunyai penyakit dalam.
- Tidak boleh mempunyai penyakit kulit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar