Disini saya akan memberikan tips sedikit untuk menjual
ataupun memasarkan hasil budidaya ikan dan penjelasan untuk pemasarannya
itu sendiri.
Pemasaran yang baik adalah menentukan target pasar, jika anda
memiliki target pasar untuk pasar lokal atau daerah tertentu tentu anda telah
merencanakan bagaimana pengolahan, pengemasan hingga pendistribusian kondisi
akan berbeda jika target pasar adalah market yang lebih luas.
Mengapa
rencana pemasaran sangat diperlukan
Rencana Pemasaran akan membantu anda memetakan produksi dari hasil budidaya
perikanan untuk memenuhi apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan dan anda dapat
lebih terukur untuk meyediakan produk yang berkualitas dengan kuantitas yang
telah di survey sebelumnya, sebuah strategi pemasaran yang baik akan
menjelaskan kepada pelanggan anda, mengapa produk produk perikanan yang anda
hasilkan lebih baik dari produk yang tersedia di pasaran, misal anda memiliki
budidaya yang berkelanjutan yang tidak bergantung dengan ekosistem alam, atau
anda membesarkan produk ikan anda dengan metode organik atau tidak mengandung
bahan kimia dalam setiap proses pembudidayaan.
Anda juga harus mencoba untuk mencari jangkauan pelanggan
yang lebih luas jika ingin memperluas budidaya dan meningkatkan produktifitas,
pemasaran yang baik juga dapat menjangkau produk anda ke pendistribusi lainnya
yang tentu hanya membutuhkan sedikit usaha dan waktu untuk menjangkau mereka,
pikirkan kembali strategi pasar yang cocok untuk bisnis anda luangkan waktu dan
berfokuslah pada kualitas dan keunikan dari bisnis yang anda tawarkan.
Strategi
pemasaran untuk produk Anda
Setelah anda telah memiliki rencana bisnis untuk pemasaran produk perikanan
anda, pikirkan bagaimana untuk implementasi dan strategi, ada hal hal yang
terbaik untuk mencari keunikan yang anda tawarkan pertama berkonsultasilah
kepada ahil pemasran jika diperlukan atau ketahui langsung dari para pesaing
anda lakukan apa yang belum mereka lakukan pelajari strategi bisnis mereka hal
yang mereka belum lakukan adalah nilai tambah dari strategi pemasaran anda.
Mungkin anda menghasilkan produk yang berkualitas dari
budidaya perikanan anda, tetapi tanpa pemasaran yang tepat anda tidak dapat
menawarkan produk anda ke pelanggan yang membutuhkan, namun berikut adalah
beberapa strategi pemasaran dan taktik penjualan yang dapat anda terapkan
untuk produk perikanan yang anda hasilkan.
Bagaimana
memasarkan produk Anda secara langsung
Menjual hasil budidaya langsung kekonsumen adalah cara yang
dapat anda gunakan, ini akan memaksimalkan keuntungan anda karena tanpa
perantara distributor ke penjual ikan, banyak pembudidaya skala kecil melakukan
strategi pemasaran ini untuk menghasilkan keuntungan bagi mereka, berikut
adalah beberapa tips bagaimana anda dan dimana anda dapat melakukan pemasaran
produk produk perikanan yang anda hasilkan.
Jual Hasil
Panen di tempat budidaya anda sendiri
Silahkan klik Daftar Harga Ikan Hias & Ikan Konsumsi
Anda dapat dengan mudah menjual hasil perikanan langsung dari
tempat pembudidayaan yang anda miliki keuntungan besar dari pemasaran langsung
adalah bahwa anda tidak harus mengangkut produk anda sendiri, anda juga dapat
berbicara dengan pelanggan secara langsung dan menunjukan mereka cara anda
berbudidaya ikan di tempat anda.
Lakukan
kampanye untuk pemasaran langsung
Ada beberapa cara untuk dapat melakukan kampanye pemasaran langsung, cara
terbaik untuk menjangkau banyak pelanggan anda adalah menggunakan internet
sebagai media pemasaran, ada jaringan sosial atau platform lainnya seperti
forum untuk menjangkau mereka, jutaan orang menggunakan internet sebagain besar
dari mereka menggunakan platform media sosial lakukan kampanye buatlah blog
sederhana mengenai produk anda dan apa saja yang anda tawarkan
Selatin menggunakan media internet anda dapat menggunakan
surat kabar lokal, komunitas setempat atau orang orang yang anda kenali seperti
keluarga teman dekat yang merupakan pemasaran efektif untuk peternak anda.
Pasar untuk
produk perikanan
Pasar yang khusus menjual produk perikanan biasanya diadakan
pada minggu atau bulan tertentu, disini anda dapat menemukan calon potensial
pelanggan yang tidak hanya membeli namun menjalin kerjasama jangka panjang
untuk produk yang mereka inginkan.
Restoran
atau Tempat Makan
Restoran atau tempat makan adalah tempat potensial bagi anda
untuk menawarkan hasil produk anda kepada mereka, bahkan dari mereka akan
membutuhkan suplai yang rutin untuk memenuhi kebutuhan terhadap produk
perikanan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar