Kamis, 27 Juni 2019

Cara Penjualan Hasil Budidaya Ikan


Disini saya akan memberikan tips sedikit untuk menjual ataupun memasarkan hasil budidaya ikan dan  penjelasan untuk pemasarannya itu sendiri.
Pemasaran yang baik adalah menentukan target pasar, jika anda memiliki target pasar untuk pasar lokal atau daerah tertentu tentu anda telah merencanakan bagaimana pengolahan, pengemasan hingga pendistribusian kondisi akan berbeda jika target pasar adalah market yang lebih luas.

Mengapa rencana pemasaran sangat diperlukan

Rencana Pemasaran akan membantu anda memetakan produksi dari hasil budidaya perikanan untuk memenuhi apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan dan anda dapat lebih terukur untuk meyediakan produk yang berkualitas dengan kuantitas yang telah di survey sebelumnya, sebuah strategi pemasaran yang baik akan menjelaskan kepada pelanggan anda, mengapa produk produk perikanan yang anda hasilkan lebih baik dari produk yang tersedia di pasaran, misal anda memiliki budidaya yang berkelanjutan yang tidak bergantung dengan ekosistem alam, atau anda membesarkan produk ikan anda dengan metode organik atau tidak mengandung bahan kimia dalam setiap proses pembudidayaan.


Anda juga harus mencoba untuk mencari jangkauan pelanggan yang lebih luas jika ingin memperluas budidaya dan meningkatkan produktifitas, pemasaran yang baik juga dapat menjangkau produk anda ke pendistribusi lainnya yang tentu hanya membutuhkan sedikit usaha dan waktu untuk menjangkau mereka, pikirkan kembali strategi pasar yang cocok untuk bisnis anda luangkan waktu dan berfokuslah pada kualitas dan keunikan dari bisnis yang anda tawarkan.

Strategi pemasaran untuk produk Anda

Setelah anda telah memiliki rencana bisnis untuk pemasaran produk perikanan anda, pikirkan bagaimana untuk implementasi dan strategi, ada hal hal yang terbaik untuk mencari keunikan yang anda tawarkan pertama berkonsultasilah kepada ahil pemasran jika diperlukan atau ketahui langsung dari para pesaing anda lakukan apa yang belum mereka lakukan pelajari strategi bisnis mereka hal yang mereka belum lakukan adalah nilai tambah dari strategi pemasaran anda.
Mungkin anda menghasilkan produk yang berkualitas dari budidaya perikanan anda, tetapi tanpa pemasaran yang tepat anda tidak dapat menawarkan produk anda ke pelanggan yang membutuhkan, namun berikut adalah beberapa strategi  pemasaran dan taktik penjualan yang dapat anda terapkan untuk produk perikanan  yang anda hasilkan.

Bagaimana memasarkan produk Anda secara langsung
Menjual hasil budidaya langsung kekonsumen adalah cara yang dapat anda gunakan, ini akan memaksimalkan keuntungan anda karena tanpa perantara distributor ke penjual ikan, banyak pembudidaya skala kecil melakukan strategi pemasaran ini untuk menghasilkan keuntungan bagi mereka, berikut adalah beberapa tips bagaimana anda dan dimana anda dapat melakukan pemasaran produk produk perikanan yang anda hasilkan.

Jual Hasil Panen di tempat budidaya anda sendiri


Anda dapat dengan mudah menjual hasil perikanan langsung dari tempat pembudidayaan yang anda miliki keuntungan besar dari pemasaran langsung adalah bahwa anda tidak harus mengangkut produk anda sendiri, anda juga dapat berbicara dengan pelanggan secara langsung dan menunjukan mereka cara anda berbudidaya ikan di tempat anda.

Lakukan kampanye untuk pemasaran langsung

Ada beberapa cara untuk dapat melakukan kampanye pemasaran langsung, cara terbaik untuk menjangkau banyak pelanggan anda adalah menggunakan internet sebagai media pemasaran, ada jaringan sosial atau platform lainnya seperti forum untuk menjangkau mereka, jutaan orang menggunakan internet sebagain besar dari mereka menggunakan platform media sosial lakukan kampanye buatlah blog sederhana mengenai produk anda dan apa saja yang anda tawarkan
Selatin menggunakan media internet anda dapat menggunakan surat kabar lokal, komunitas setempat atau orang orang yang anda kenali seperti keluarga teman dekat yang merupakan pemasaran efektif untuk peternak anda.

Pasar untuk produk perikanan
Pasar yang khusus menjual produk perikanan biasanya diadakan pada minggu atau bulan tertentu, disini anda dapat menemukan calon potensial pelanggan yang tidak hanya membeli namun menjalin kerjasama jangka panjang untuk produk yang mereka inginkan.

Restoran atau Tempat Makan 
Restoran atau tempat makan adalah tempat potensial bagi anda untuk menawarkan hasil produk anda kepada mereka, bahkan dari mereka akan membutuhkan suplai yang rutin untuk memenuhi kebutuhan terhadap produk perikanan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar